Username
Password
security image

Instagram

WhatsApp


www.m-edukasi.web.id blog guru

Profil

Sekolah Alam Bukit Bintang Tasikmalaya adalah sekolah inklusi yang pertama dan satu-satunya di Tasikmalaya yang berbasis alam, dengan mengadopsi beberapa pendekatan belajar seperti homeschooling, montesori, teurapeutik, vokasional, spiritual  dan mungkin masih akan ada beberapa pendekatan lagi yang akan kita adopsi sepanjang pendekatan ini dapat memberi pengaruh positif pada seluruh warga belajar di sekolah kami. Mengapa seluruh warga belajar? Karena tidak hanya anak didik yang harus menjadi baik, terutama adalah pengelola, pengajar dan para orang tua di sekolah kami harus terus bertumbuh dalam kebaikan agar menjadi teladan yang memadai bagi anak didik yang diamanahkan di sekolah kami.

Dengan konsep perpaduan beberapa pendekatan seperti yang sudah disampaikan di atas, maka Sekolah Alam Bukit Bintang hadir sebagai solusi atas tuntutan hakikat pendidikan yaitu menyiapkan peserta didik agar kelak dapat kembali ke masyarakat menjadi anggota masyarakat yang baik yang memberi kontribusi positif pada lingkungan terdekatnya sesuai dengan kemampuan yang dianugerahkan Penciptanya kepada setiap mahluknya.

Di Sekolah Alam Bukit Bintang Tasikmalaya, pendidikan inklusi yang dicanangkan oleh pemerintah tidak hanya dituangkan dalam bentuk konsep, namun mewujud nyata dalam setiap aktivitas sehari-hari sejak anak berada di jemputan, di kelas, interaksi keseharian, proses belajar, ekstrkurikuler, hingga mereka kembali berada di jemputan lagi menuju rumahnya masing-masing.

Berdasarkan sejarah yang sempat kami catat, Sekolah Alam Bukit Bintang Tasikmalaya secara resmi  berdiri sejak tanggal 3 September 2010 (yang tidak resminya sekitar 3 tahun sebelum 2010) di bawah naungan Yayasan Bakti Kelana. Sekolah Alam Bukit Bintang menyadari betul tugas yang tidak mudah mengemban amanah pendidikan inklusi. Oleh karena pertimbangan itu, manajamen sangat mengupayakan perbaikan terus menerus pada para pengajar Sekolah Alam Bukit Bintang dalam hal keilmuan, keterampilan, sikap dan hal-hal lainnya yang akan membantu terselenggaranya proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien.